Serambi Seribu Serbi

space disewakan

Sistem Budidaya Ikan Air Tawar



Assalamu’alaikum. Sore ini akan saya lanjutkan postingan tentang budidaya ikan air tawar chapter B tentang Sistem Budidaya, langsung aja ya daripada kelamaan.

B. Sistem Budidaya
        
Ada beberapa sistem budidaya yang biasa digunakan petani untuk membudidayakan ikannya, antara lain:

1.    Sistem Ekstensif atau tradisional yaitu sistem yang menggunakan lahan yang besar untuk budidaya, biasanya sistem budidaya ini tidak menggunakan teknologi karena sistem budidaya ini hanya mengandalkan luasan kolam untuk meningkatkan produksi. Semakin luas lahan yang digunakan maka semakin banyak produksi ikan yang dihasilkan.

2.    Sistem Semi- intensif yaitu system penggabungan antara system ekstensif dan system intensif. Pada sistem budidaya ini penggunaan teknologi tidak terlalu banyak dan masih menggunakan lahan yang cukup luas untuk budidaya. Umumnya pada sistem ini gerakan airnya statis  (stagnant), media hidup bagi ikan juga media pertumbuhan bagi pakan alami ikan. Pergantian air untuk air yang hilang karena merembes (horizontal), mengendap (vertikal) dan menguap.


3.    Sistem Intensif yaitu system budidaya yang menekankan pada penggunaan teknologi dan luas kolam budidaya biasanya kecil. Biasanya air mengalir (running water) sejak pengisian, media hidup, juga untuk perbaikan kualitas air. Untuk mengisi kolam 100 m3 diperlukan waktu 10- 50 liter/ detik.


Mancing bersama adik- adik Cakruk


C. Pemilihan dan Penebaran Benih

1.    Pemilihan Benih

a.    Pemilihan benih mutlak penting, karena hanya dengan benih yang baik ikan akan hidup dan tumbuh dengan baik.
b.    Adapun ciri- ciri benih yang baik antara lain: sehat, anggota tubuh lengkap, aktif bergerak, ukuran seragam, tidak cacat, tidak membawa penyakit dan jenis unggul.


2.    Penebaran Benih

Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan agar benih ikan tidak dalam kondisi stress saat berada dalam kolam. Cara adaptasi: Ikan yang masih terbungkus dalam plastik yang masih tertutup rapat dimasukkan kedalam kolam, biarkan sampai dinding plastik mengembun. Ini tandanya air kolam dan air dalam plastik sudah sama suhunya, setelah itu dibuka plastiknya dan air dalam kolam masukkan sedikit demi sedikit kedalam plastik tempat benih sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Selanjutnya benih ditebar/ dilepaskan dalam kolam secara perlahan.

Sebagai contoh ukuran dan umur benih Nila Merah: benih umur 1 bulan sudah dapat mencapai ukuran 10 gram, sedangkan umur 1,5- 2 bulan beratnya sekitar 25 gram. Ukuran 150- 300 gram per ekor dapat dicapai dalam pembesaran selama 4- 6 bulan, sedangkan ukuran 500 gram umurya berkisar 6- 8 bulan dan ukuran 800 gram umurnya berkisar 9- 12 bulan.

D. Kualitas Pakan dan Cara Pemberian

         Kualitas dan kuantitas pakan sangat penting dalam budidaya ikan, karena hanya dengan pakan yang baik ikan dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita inginkan. Kualitas pakan baik adalah pakan yang mempunyai gizi seimbang baik protein, karbonhidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral. Karena ikan bawal bersifat omnivora maka makanan yang diberikan bisa berupa daun- daunan maupu berupa pelet, bahkan penulis dulu memberi makan ikan dengan sisa- sisa limbah warung penyetan. Pakan dapat diberikan 3- 5% berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yang dipelihara). Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung.

PEMBENIHAN

Akan dilanjutkan dipostingan selanjutnya. Wassalamualaikum 




Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo


Responses

0 Respones to "Sistem Budidaya Ikan Air Tawar"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2013- 2015 | Platinum Theme modification by Alfian Haris