Serambi Seribu Serbi

space disewakan

Definisi Perpustakaan Digital (Digital Library)




Definisi Perpustakaan Digital (Digital Library)

 
Perpustakaan Digital.jpg


1.     Borgman (2003) dalam Suwarno (2010:27) mengatakan bahwa :

A digital library is a system that provides a community of user with coherent access to a large, organized repository of information and knowledge.”

Sebuah perpustakaan digital adalah suatu sistem yang menyediakan suatu komunitas pengguna dengan akses terpadu yang menjangkau keluasan informasi dan ilmu pengetahuan yang telah tersimpan dan terorganisasi dengan baik .

(Suwarno, Wiji. 2010. Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. )

2.     Pengertian lain dari praktisi perpustakaan Digital Library Federation (DLF), Deegan  dalam Suwarno (2010:27) mengatakan bahwa :

Digital libraries are organizations that provide the resources, including the specialized staff, to select , structure, offer intellectual access to, interpret, distribute, preserve the integrity of, and ensure the persistence over time of collections of digital works so that they are readily and economically available  for use by defined community or set of communities”

Perpustakaan digital adalah organisasi yang menyediakan sumber daya mencakup staf ahli untuk memilih; struktur; penawaran akses intelektual untuk menginterpretasikan, mendistribusikan, dan memelihara integritas serta koleksi dari waktu ke waktu sedemikian rupa sehingga tersedia dan siap untuk digunakan oleh masyarakat.

(Suwarno, Wiji. 2010. Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. )

3.     T.B. Rajashekar dalam Wahono (2006) mendefinisikan sebagai berikut:
“ a managed collection of information, with associated services, where the information is stored in digital formats and accessible over a network”.

Koleksi dari beberapa informasi yang dikelola dan dapat dilayankan, dimana informasi tersebut disimpan dalam format digital dan dapat diakses melalui sebuah jaringan.

4.     John Millard dalam Wahono (2006)  mendefinisikan sebagai berikut :
 libraries that are distinguished from information retrieval systems because they include more type of media, provide additional functionally and services, and include other stages of the information life cycle, from creation through use. Digital libraries can be viewed as a new form of information institution or as an extension of services libraries currently provide”.

Jadi sebuah perpustakaan  yang dibedakan berdasarkan sistem temu kembali informasinya, sebab perpustakaan ini mempunyai banyak model media yang dimasukkan kedalamnya. Yaitu menyediakan layanan dan fungsi tambahan dan juga termasuk peningkatan masa hidup sebuah informasi, sejak informasi itu diciptakan dan kemudian digunakan. Perpustakaan digital dapat dilihat sebagai sebuah bentuk baru dari institusi informasi atau sebuah perluasan dari pelayanan perpustakaan yang diberikan pada masa sekarang.



5.     Perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Istillah perpustakaan digital atau digital library sendiri mengandung pengertian sama dengan electronic library dan virtual library. Sedangkan istilah yang sering digunakan dewasa ini adalah digital library, hal ini bisa kita lihat dengan adanya workshop, simposium, atau konferensi dengan memakai nama digital library .



6.     Digital Library (DL) atau perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Istilah digital library sendiri mengandung pengertian sama dengan electronic library dan virtual library. Sedangkan istilah yang sering digunakan dewasa ini adalah digital library, hal ini bisa kita lihat dengan sering munculnya istilah tersebut dalam workshop, simposium, atau konferensi dengan memakai nama digital library .

(Tabata Kouichi, “What is Digital Library”, IPSJ Journal Vol.37 No.9, Japan, 1996. (Japanese) )


Analisis
Perbedaan :
         Untuk pengertian yang pertama : Borgman  lebih menekankan pada akses keluasan informasi, dimana informasi tadi sudah disimpan dan  dikelola dengan baik., sementara Digital Library Federation lebih menekankan pada sebuah penyediaan sumber daya, yang meliputi staf ahli perpustakaan itu sendiri. Pengertian lain menurut T.B. Rajashekar, perpustakaan yang menyimpan informasi dalam format digital yang bisa diakses melaui jaringan internet, sementara John Millard mengemukakan bahwa yang membuat perpustakaan digital ini berbeda dengan jenis  perpustakaan yang lain adalah  sistem temu kembali informasinya. Pengertian yang kelima menjelaskan bahwa perpustakaan digital itu koleksinya berupa file elektronik.
Persamaan : Dari definisi diatas tadi dapat disimpulkan bahwa perpustakaan digital itu menawarkan kemudahan akses informasi.
Simpulan : Dari beberapa kesimpulan diatas dapat ditarik garis tengah, bahwa perpustakaan digital itu adalah sebuah perpustakaan yang menyediakan kemudahan akses bagi penggunanya yang didalamnya memiliki sumberdaya staf ahli, yang mempunya berbagai macam model koleksi informasi, diantaranya dalam format file digital, yang dapat diakses dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet.
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo


Responses

0 Respones to "Definisi Perpustakaan Digital (Digital Library)"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2013- 2015 | Platinum Theme modification by Alfian Haris