Serambi Seribu Serbi

space disewakan

PEMBENIHAN IKAN AIR TAWAR bag. 3



  
Salam.
Oke langsung saja dimulai lanjutan dari proses Pembenihan ikan air tawar yang sudah dimuat dipostingan sebelumnya.

         Kegiatan yang dilakukan dalam pembenihan adalah seleksi, pemijahan, perawatan telur dan larva.

Pemilihan Induk

Dalam memilih induk yang baik, ada beberapa kriteria penting yang harus diperhatikan, antara lain:

1.    Jenis Kelamin

Langkah pertama yang harus diketahui oleh pembudidaya yang ingin memijahkan ikan adalah pembedaan jenis kelamin, hal ini berpengaruh akan hasil, maksud dan tujuan melakukan pemilahan.

2.    Umur dan Berat Induk

Umur penting diketahui karena ada kisaran umur optimal dimana jika induk dipijahkan maka telur yang dihasilkan akan sangat banyak. Induk yang berukuran besar belum tentu tua. Induk yang terlalu besar akan menurun produksi telurnya dan benih yang dihasilkan juga tidak baik. Jika umur induk masih sangat muda (pernikahan dini) maka kualitas dan kuantitas telur yang dihasilkan juga tidak baik. Biasanya telur yang dihasilkan adalah telur muda. Telur muda ini jarang yang menetas dan jika menetaspun kualitas benih yang dihasilkan juga tidak baik.

Berat induk haruslah sesuai dengan umur induknya. Berat induk juga berpengaruh terhadap jumlah telur yang dihasilkan.

sumber gambar: www.bibitikan.net


3.    Pertumbuhan

Untuk mempersiapkan induk yang akan dipijahkan, biasanya pembudidaya ikan merawat calon induk terlebih dahulu, sehingga diketahui benar pertumbuhan induk yang akan dipijahkan. Induk yang baik pertumbuhannya akan menghasilkan benih yang pertumbuhannya baik pula.

4.    Nafsu Makan

Sebelum dipijahkan hendaknya diamati nafsu makan induk, induk yang nafsu makannya baik menandakan induk dalam kondisi yang sehat dan tidak mengalami stress. Sedangkan induk yang tidak nafsu makan maka tidak akan siap untuk dipijahkan, dengan kata lain induk mengalami stress. Kematangan gonad

5.    Silsilah Induk

Silsilah induk ini berkaitan dengan asal- usul dan keturunan induk. Induk yang baik sebaiknya bukan merupakan hasil perkawinan sekerabat, tidak cacat, memiliki sifat- sifat unggul.

Perawatan Induk Ikan

Perawatan dilakukan sebelum maupun sesudah dipijahkan. Untuk perawatan induk yang harus dilakukan antara lain:

1.    Menyediakan Wadah Khusus

Induk sebaiknya dipelihara dalam wadah khusus dan tidak dicampur dengan ikan yang lain maupun dengan anakan. Wadah induk harus dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman dan sehat. Sebelum dipijahkan, Wadah induk harus dibuat  sedemikian rupa sehingga nyaman dan sehat. Sebelum dipijahkan, induk jantan dan  betina dipisah terlebih dahulu agar tidak terjadi perkawinan yang tidak diinginkan

2.    Pengelolaan Lingkungan

Pengelolaan lingkungan  dimaksudkan agar ikan tidak mudah stres maupunterserang penyakit. Pengelolaan lingkungan budaya meliputi
-       Pembersihan wadah budidaya
-       Persiapan kolam (pengeringan, pengapuran, dan pemupukan)
-       Pengaturan kepadatan induk
-       Pengelolaan kualitas air yang sesuai dengan bagi untuk induk

Pengelolaan lingkungan harus dilakukan terus- menerus baik sebelum maupun setelah pemijahan agar induk merasa nyaman dan sehat. Induk yang telah dapat menyesuaikan dengan lingkungannya akan memiliki produktivitas tinggi (cepat memijah dan jumlah telur yang dihasilkan relatif banyak).

3.    Pemberian Pakan

Pakan pada induk merupakanhal yang sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap telur yang dihasilkan baik jumlah maupun kualitasnya. Pakan yang diberikan pada induk harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi Induk, pakan induk dapat berupa pakan alami maupun pakan buatan. Pakan alami misalnya: Daun Talas (pada induk Gurami), bangkai Ayam yang telah dibakar (missal pada Lele dan Bawal), Bekicot dan Keong Mas (pada Lobster air tawar), jentik Nyamuk (ikan Betta) dan sebagainya. Selain pakan alami dapat juga diberikan pakan buatan berupa pellet dengan kandungan protein yang tinggi tetapi sedikit lemak. Untuk pakan induk, dihindari pemberian pakan yang mengandung banyak lemak, karena hal ini akan membuat induk kesulitan mengeluarkan telurnya.

4.    Pemberokan Sebelum Dipijahkan

Pemberokan merupakan pemuasaan induk sebelum dipijahkan. Tujuannya untuk mengurangi lemak ditubuh induk agar induk lebih mudah mengeluarkan telur. Pemberokan merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan agar hasil pemijahan dapat optimal.

Pemberokan dilakukan dengan tidak memberikanpakan yang mengandung lemak, tetapi pakan yang mengandung protein dapat tetap diberikan untuk menjaga stamina saat pemijahan berlangsung, namun dosis yang diberikan lebih sedikit.

     Dengan pemilihan dan perawatan induk yang baik, keberhasilan dalam pemijahan pun akan dapat dilihat hasilnya. Ini merupakan langkah awal sekaligus langkah yang sangat penting untuk memulai usaha pembenihan ikan. Selamat mencoba !

Pemijahan, akan dilanjutkan dipostingan selanjutnya bag. Terakhir.. see you


Wassalam alaik
Facebook Twitter Google+ Instagram Linkedin Path Yahoo


Responses

0 Respones to "PEMBENIHAN IKAN AIR TAWAR bag. 3"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2013- 2015 | Platinum Theme modification by Alfian Haris